Page Number,Landscape Potrait,Daftar isi
- Page Number
Page Number adalah nomor pada sebuah halaman di dalam dokumen. Di Microsoft Word, kalian dapat memberikan penomoran pada setiap halaman yang ada.
Menambahkan nomor halaman ke header atau footer
- Klik atau ketuk di header atau footer yang ingin ditambahkan nomor halaman.
- Masuk ke Sisipkan > Penomoran Halaman.
- Pilih Posisi Sekarang.
- Pilih gaya.
Mengubah letak nomor halaman
- Di area header atau footer, pilih nomor halaman.
- Gunakan tombol Tab untuk menempatkan nomor halaman di kiri, tengah, atau kanan. Jika nomor berada di margin kiri, tekan Tab sekali agar ke tengah dan dua kali agar ke kanan. Untuk kembali, tekan Backspace sampai posisinya sesuai.
Mengubah tampilan nomor halaman
- Pilih nomor halaman
- Di tab Beranda, gunakan kotak dialog dan opsi Font untuk mengubah rangkaian, gaya, ukuran, dan warna font.
- Daftar Isi
Daftar Isi adalah halaman yang menjadi petunjuk isi pokok dalam sebuah makalah, Daftar Isi ibarat sebuah peta yang menunjukan letak-letak bagian makalah.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Untuk membuat daftar isi yang mudah diupdate, Anda bisa melakukannya dengan memilih heading styles ke text yang ingin Anda sertakan di daftar isi. Setelah itu, Word akan secara otomatis membangun daftar isi Anda dari berbagai heading yang ada di dokumen Anda.
Terapkan Heading Styles
Pilih teks yang Anda ingin masukkan ke dalam daftar isi, kemudian di tab Home, piilh heading style, misalnya Heading 1.
Lakukan ini untuk setiap text yang ingin Anda masukkan ke dalam daftar isi. Misalnya, jika Anda menulis sebuah buku, Anda bisa menggunakan Heading 1 untuk setiap judul bab di buku Anda.
Masukkan Daftar Isi ke Dokumen
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Word menggunakan heading di dokumen Anda untuk membangun daftar isi otomatis yang bisa di update langsung saat Anda mengubah heading text, sequence, atau level.
- Klik dimana Anda ingin memasukkan daftar isi Anda
- Klik References > Table of Contents , kemudian pilih salah satu style dari list Automatic Table of Contents yang tersedia.Dengan Microsoft Word, Anda juga bisa memformat atau mengkostumisasi daftar isi. Anda bisa mengubah font, jumlah heading level yang digunakan, dan memilih apakah Anda ingin menggunakan titik-titik di antara judul bab dan nomor halaman.
Ubah atau tambahkan level dalam daftar isi
Jika Anda ingin mengubah level entry daftar isi individu, ubah level judul teks itu di dokumen Anda.Untuk mengubah jumlah level yang ditampilkan dalam daftar isi Anda adalah mengganti tabel yang ada dengan yang berisi level yang Anda inginkan. Cara yang lebih pendek namun lebih teknis untuk melakukannya adalah dengan mengedit informasi field code.
Ganti daftar isi
- Klik References > Table of Contents > Custom Table of Contents
- Pada kotak dialog Table of Contents , dalam daftar Show levels , pilih jumlah level yang Anda inginkan, dan kemudian klik OK.
- Misalnya, jika Anda mengklik 2, maka semua teks dengan gaya Heading 1 atau gaya Heading 2 yang diterapkan akan ditampilkan di daftar isi.Bila Anda ditanya apakah ingin mengganti daftar isi yang ada, klik Yes .
Format text di daftar isi Anda
Untuk mengubah tampilan text di daftar isi Anda, ubah style untuk setiap level di daftar isi.Pada tab References dari Ribbon klik Table of Contents > Custom Table of Contents .Pada kotak dialog Table of Contents , klik Modify . Jika tombol Modify berwarna abu-abu, ubah Format menjadi From template .Dalam daftar Styles, klik level yang ingin Anda ubah lalu klik Modify . - Di kotak dialog Modify Style , buat perubahan format yang Anda inginkan, lalu klik OK .Ulangi langkah 3 dan 4 untuk semua tingkat yang ingin Anda tampilkan di daftar isi Anda.
Mengubah dan Mengupdate Daftar Isi Anda
Jika Anda menulis bab lain di buku Anda, Anda dapat menambahkan judul bab lain, highlight judul itu, dan klik Heading 1.Atau, misalnya, katakanlah Anda ingin mengubah judul Bab 3. Ubah saja sesuai dengan keinginan Anda.Setelah Anda melakukan semua perubahan ini, lihat bagian atas dokumen Anda dan temukan daftar isi Anda. Klik pada menu dropdown dan klik Update Table > Update all table untuk memastikan bahwa daftar isi Anda terupdate sesuai dengan yang Anda mau.
- Potrait Landscape
Portrait adalah menu untuk mengatur bentuk halaman menjadi memanjang ke atas seperti bentuk buku pada umumnya
sedangkan landscape = menu untuk mengatur bentuk halaman memanjang ke samping, seperti pada bentuk buku gambar
Untuk membuat page layout landscape dan portrait dalam satu file, ikuti langkah-langkah berikut:
- Letakkan kursor mouse pada halaman akhir dimana halaman berikutnya adalah halaman yang akan di rubah menjadi landscape.
- Selanjutnya pilih menu page layout pada menu bar di microsoft word.
- Pada group page setup pilih breaks. Pada saat kita klik breaks maka akan muncul jendela breaks, pilih next page pada section breaks.
- Maka akan muncul halaman baru yang berada dibawah halaman sebelumnya.
- Letakkan kursor pada halaman tersebut kemudian kita ubah pengaturan orientation.
- Klik menu orientation pada group page setup kemudian pilih lanscape.
- Untuk merubah halaman kembali ke semula, kita harus kembali ke langkah awal.
- Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar