1. Sejarah E-mail
Surat elektronik sudah mulai
dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada
hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama
kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun
1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik
lembaga pertahanan Amerika.Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program
yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah
komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan
yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file
protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan
ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya
sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan
e-mail yang pertama di dunia adalah QWERTYUIOP.
Pada tahun 1972, Ray
mengenalkan icon “@” sebagai identitas e-mail untuk memisah user
id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Mulai tahun 1980-an surat
elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak
perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat
sudah tidak memakai jasa pos lagi.
2. B.
Pengertian E-Mail
Email merupakan singkatan dari
Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat
yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan
internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah
teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang
tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat
singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun
juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia
layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com, http://www.mail.google.com, dll.
·
Berkembang
Pesat
Sejak saat itu, pengguna
e-mail tumbuh dengan cepatnya. Kenyataan membuktikan bahwa sekitar dua tahun
kemudian, 75% dari seluruh traffic ARPANET berisi e-mail.
Satu dari generasi awal
program e-mail besar yang banyak digunakan secara luas oleh umum adalah Eudora.
E-mail client pertama kali ini ditulis oleh Steve Dorner pada 1988. Saat itu
dia bekerja di Unuversitas Illinois di Urbana-Champaign. Dan nama Eudora
diambil dari seorang pengarang Amerika yang sudah meninggal, Eudora Welty.
Eudora adalah e-mail client pertama yang menyediakan tampilan grafik. Pertama
kali muncul, bisa digunakan secara gratis. Tetapi setelah dibeli oleh Qualcomm
pada tahun 1994, Eudora menjadi produk yang komersial.
Seperti kebanyakan aplikasi di
web, Selama bertahun-tahun Eudora merajai, tetapi dengan cepat digeser oleh
kedatangan e-mail client baru dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua e-mail
client baru tersebut menjadi sangat populer, bukan lantaran lebih baik dari
Eudora, melainkan karena disediakan secara cuma-cuma oleh browser web-nya.
Dan berdasarkan data yang dulu
pernah dilaporkan oleh Forrester Research, bahwa lebih dari setengah penduduk
Amerika menggunakan e-mail rata-rata setengah jam per harinya. Badan peneliti
tersebut mengklaim, 87 juta penduduk Amerika adalah pengguna e-mail yang aktif.
·
Persaingan
ketat
Pada tahun 1995, perusahaan
web yang tidak didukung apapun kecuali dari penjualan iklan, tetap masih bisa
bertahan. Dan jumlah traffiic sangat berpengaruh pada penjualan iklan tersebut.
Untuk menarik perhatian dari
para pengiklan, bagaimana pun, perusahaan-perusahaan web mail tersebut harus
menarik kritik-kritik dari para pengguna. Dan waktunya cukup tepat : permintaan
yang tinggi untuk e-mail account pribadi, upaya nekat untuk mengakses e-mail
dari kantor, dan ketertarikan dengan kesederhanaan sistem,
maka orang dengan senang hati
akan menyisihkan waktunya untuk mengisi lembaran isian registrasi online, untuk
mengamankan e-mail gratis mereka.
Dan lagi-lagi berdasarkan
Forrester Research, pada pertengahan 1997, sekitar setahun setelah
diperkenalkannya web mail gratisan, jumlah total pendaftarnya mencapai angka 10
juta.
Kate Delhagen dari Forrester
mengungkapkan, memang terbukti jika di depan jutaan pengguna web, yang harus
ditawarkan adalah sesuatu yang gratis, karena bagaimana pun keuntungan tetap
akan diraih.
Segala sesuatu hampir berjalan
sesuai yang direncanakan. Jumlah pendaftar meledak, infrastruktur web
berkembang, dan modal pinjaman terus mengalir. Tetapi sumber penghasilan seolah
tidak mau kompromi.
Para pengiklan meragukan
e-mail sebagai tempat mereka, karena perhatian para pengguna e-mail hanya
tertuju pada pesan-pesannya saja, bukan pada iklan. Maka, dari sinilah mulai
adanya pemikiran untuk membuat spam (junk e-mail) sebagai marketing tool, yang
menodai reputasi e-mail.
Belum ada setahun setelah
terjadi guncangan terhadap bisnis mereka, perusahaan-perusahaan e-mail gratisan
melakukan valuasi besar-besaran. Yahoo! membeli sebanyak satu juta pelanggan
Fourl 1 senilai US$ 93 juta pada Oktober 1997. Microsoft membeli 9 juta
pelanggan Hotmail senilai US$ 400 juta, dan Lycos membayar senilai US$ 133 juta
untuk sejumlah 10,6 juta pelanggan WhoWhere.
Pergerakan dari perusahaan
yang telah mantap untuk menawarkan web mail gratisan menjadi kabar buruk.
Pelopor layanan online, Juno, meluncurkan versi web dari layanan e-mail
gratisannya. Bahkan Qualcomm pun mengeluarkan versi web mail gratisan dari
software Eudora pada Desember 1997.
3. C.
Sejarah lambang email
Kita tentu sudah sangat
familiar dengan penggunaan internet, terutama email. Memang, teknologi ini
sangat membantu dalam banyak hal. Betapa tidak, dokumen-dokumen penting yang
dulu jika dikirimkan dengan cara konvensional bisa memakan waktu berhari-hari,
dengan email hanya butuh beberapa menit, bahkan detik!
Teknologi email kini juga tak
hanya bisa mengirimkan data berupa dokumen dan foto. Bahkan, file-file
berukuran besar berisi hal penting, mulai dari film hingga berbagai catatan
penting lain juga bisa dikirim via email. Tak heran, email kini menjadi salah
satu teknologi andalan untuk berbagai kepentingan. Tentu, kita juga tak bisa
menafikan beberapa hal negatif karena email, seperti spam dan junk mail alias
email sampah yang tak kita butuhkan.
Lepas dari semua sensasi dan kemudahan dari penggunaan email, tahukah Anda jika ada satu huruf penentu dalam email yang sangat penting? Yah, pasti Anda mengenal tanda huruf @ atau sering dilafalkan dengan kata “at”. Tanpa menggunakan huruf @, alamat email yang kita tuju bisa jadi tak kan sampai pada sasaran. Tapi, tahukah Anda jika sang penemu lambang itu, justru tidak membayangkan jika huruf @ itu akan menjadi ikon penting dalam dunia teknologi internet secara keseluruhan. Adalah Ray Tomlison, seorang insinyur pendiam yang menemukan lambang tersebut. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu, pada masa itu, Ray belum berpikir bahwa email yang diciptakannya akan menjadi salah satu penemuanpenting di dunia.
Karena itu, ia pun tak perlu bersusah-susah saat memilih pungtuasi alias tanda yang dibutuhkan sebagai kode untuk pengiriman email tersebut. Maka, Ray mengaku dirinya tak berpikir panjang untuk memilih lambang @ saat itu. “”Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan. Saya memilih lambang @ karena lambang ini, lumayan membantu, sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju,” sebut Ray dalam sebuah catatan yang ditulis Katie Hafner dan Matthew Lyon dalam bukunya: Where Wizards Stay Up Late: The Origins of the Internet.
Lepas dari semua sensasi dan kemudahan dari penggunaan email, tahukah Anda jika ada satu huruf penentu dalam email yang sangat penting? Yah, pasti Anda mengenal tanda huruf @ atau sering dilafalkan dengan kata “at”. Tanpa menggunakan huruf @, alamat email yang kita tuju bisa jadi tak kan sampai pada sasaran. Tapi, tahukah Anda jika sang penemu lambang itu, justru tidak membayangkan jika huruf @ itu akan menjadi ikon penting dalam dunia teknologi internet secara keseluruhan. Adalah Ray Tomlison, seorang insinyur pendiam yang menemukan lambang tersebut. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu, pada masa itu, Ray belum berpikir bahwa email yang diciptakannya akan menjadi salah satu penemuanpenting di dunia.
Karena itu, ia pun tak perlu bersusah-susah saat memilih pungtuasi alias tanda yang dibutuhkan sebagai kode untuk pengiriman email tersebut. Maka, Ray mengaku dirinya tak berpikir panjang untuk memilih lambang @ saat itu. “”Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan. Saya memilih lambang @ karena lambang ini, lumayan membantu, sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju,” sebut Ray dalam sebuah catatan yang ditulis Katie Hafner dan Matthew Lyon dalam bukunya: Where Wizards Stay Up Late: The Origins of the Internet.
Apapun alasan yang disebut
Ray, yang jelas, lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting
dalam dunia internet. Dan, lebih jauh dari itu, lambang itu kini bisa jadi
adalah lambang yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umumnya. Jadi,
jangan anggap remeh penemuan yang Anda lakukan, bisa jadi, suatu saat kelak,
apapun bentuk penemuan itu, asal berguna bagi orang lain, akan berguna juga
bagi dunia.
4. D.
kelebihan dan kekurangan menggunakan e-mail
1.kelebihan
·
Cepat
(sangat cepat ) karena hanya perlu
beberapa menit (ketik dan send)
·
Dapat
mengirim file [attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan
lain-lain]
·
kapan
saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ]
·
Mudah [
karena kita cukup mengetik di komputer ]
·
multiple
send [ dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ]
·
biaya
lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
2.kekurangan
·
harus
online[ connect ke internet ]
·
text dan
gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang
·
tidak
connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah di
balas atau belumharus ingat username dan password
·
ladang
virus juga bagi yang tidak mengerti
5. E.
Jenis-jenis email
Ada 3 jenis layanan E-mail,
yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing
mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan
email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya:
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya:
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya:
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan
email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya:
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kelebihannya:
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya:
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya:
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Kekurangan
karena email hanya menunngu
terusan email dari alaat lain ,maka email akan tiba die alamat email anda
denagan waktu yang cukup lama cukup lama.tidak sesingkat mengirimkan email
langsung
6. F. Cara membuat email
a. Langkah pertama ini tentunya membuka browser
kamu dulu ya (bisa IE atau internet explorer, Mozila Fireox, bisa juga opera,
terserah kamu)… kemudian masukkan alamat urlnya, www.mail.yahoo.com,
7
sesaat kemudian akan muncul
halaman yahoo mail, pastikan halamannya seperti gambar di bawah ini
2. Perhatikan pada halaman
sebelah kanan, jika nanti kamu sudah mendaftar dan ingin membuka email, maka
masukkan id yahoo dan password kamu, lalu klik Sign in.
Tapi karena kamu belum
mendaftar, dan belum mempunya Id yahoo dan pasword, silahkan klik saja tombol Sign
Up yang berada pada bagian bawahnya tombol sign in, terkadang juga
berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau
Daftar , jika tidak ada tombol Sign up bisa juga menggunakan tombol Create
New Account. Tombol Sign up dan Create new Account sama fungsinya yaitu untuk
membuat akun yahoo atau mendaftar di yahoo.com.
3. Sesaat setelah kamu klik
Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir
pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.
lalu kamu tinggal masukkan
data-data identitas diri kamu susuai kolom
yang telah disediakan. di bawah ini saya beri contoh cara pengisiannya.
Mohon di perhatikan, gambar di bawah ini hanya contoh, jika nama kamu bukan
Martono ya jangan diisi martono
Penjelasan pengisian :
a. untuk pengisian kolom ‘alternate
email’ dikosongkan saja tidak apa-apa, atau kalau mau bisa diisi dengan
alamat email teman yang bisa dipercaya. Karena email alternatif ini berfungsi
jika kamu nanti lupa dengan pasword kamu, maka pasword kamu nanti bisa direset
(didapatkan) lewat email alternatif yang kamu masukkan tadi. Untuk pilihan
pertanyaan, tinggal pilih saja (sudah disediakan, jadi tidak perlu bikin
pertanyaan) dan jawabannya masukan sendiri, bagian itu fungsinya juga sama
dengan email Alternate. Yaitu untuk mereset password jika kamu lupa
dengan pasword kamu, maka pertanyaan yang kamu pilih tadi akan muncul, dan kamu
masukkan jawabn yang kamu buat tadi untuk membuat password baru.
b. Masukkan code capta pada kolom yang
disediakan, maksudnya yahoo meminta memasukkan code seperti itu adalah untuk
menjaga keamanan server yahoo dari mesin spam. karena mesin spam tidak bisa
membaca code capta, kecuali hanya manusia. jika code capta sulit dibaca, klik
klah icon dua panah bengkok di sebelah kiri kode capta. maka nanti kode capta
akan berubah menjadi bentuk yang lain. jika masih sulit, klik lagi sampai
gampang dibaca.
4. Jika data pribadi kamu sudah diisi
semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [ create my account ]. jika kolom isian formulir telah kamu isi
dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti
gambar di bawah ini. Klik tombol Continue,
untuk melanjutkan proses selanjutnya.
5. Sesaat kemudian akan diarahkan ke dashboard
email yahoo.com, seperti gambar di bawah ini. Di dashoard ini terdapat beberapa
menu penting untuk pengelolaan email yang perlu kamu ketahui, antara lain ;
In box atau tempat kotak masuk email,
Contact yang berisi daftar alamat email,
Draft : berisi daftar email yang belum terkirim
Sent : berisi daftar email yang telah terkirim
Spam : berisi email dari seseorang yang
mencurigakan atau tidak diinginkan
dan Trash : tempat
sampah email yang telah kamu hapus.
6. Ketika email yahoo ini baru
dibuat, di kotak masuk email atau inbox akan ada sebuah email dari yahoo yang
berisi kata sambutan atau pengenalan tentang yahoo. Untuk membuka email, klik
pada Inbox, perhatikan gambar di bawah ini.
Setelah tampil daftar email masuk, silahkan
klik satu email baru tersebut.
maka isi email akan tampak seperti gambar di
bawah ini
7. G.
Mengenal Fasilitas E-Mail
Beberapa fasilitas e-mail
antara lain sebagai berikut :
·
· Inbox
Merupakan tempat menyimpan
surat atau e-mail sebagai mana layaknya sebuah folder penyimpanan file di dalam
komputer. Inbox dapat digunakan untuk memeriksa surat, membaca serta
mengelolanya.
·
· Check
Mail
Merupakan fasilitas link
perintah untuk mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca surat – surat
lama yang berada di Inbox.
·
· Compose
Merupakan fasilitas link
perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat baru yang akan dikirim
·
· Folders
Merupakan fasilitas
pengarsipan bagi surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun surat
yang telah diterima.
·
· Address
Book
Merupakan fasilitas untuk
membuat yang menyimpan daftar alamat e-mail penting (misalnya e-mail relasi dan
rekan).
·
· Reply
Merupakan fasilitas link
perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan berdasarkan sebuah
e-mail yang telah dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu lagi mengetik
alamat e-mail tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan balasan di atas pesan
yang diterima.
·
· Forward
Merupakan fasilitas untuk
mengirim kembali sebuah e-mail yang diterima tanpa melakukan perubahan pada isi
e-mail.
·
· Trash
Merupakan tempat pembuangan
sementara di e-mail yang sudah di hapus dan tidak diperlukan lagi.
·
· Attachment
Merupakan fasilitas untuk
menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang akan dikirim ( misalnya file
dokumen atau foto)
·
· Option/Configuration
Merupakan fasilitas untuk
mengatur account e-mail seperti mengubah data personal, memberi tanda identitas
otomatis pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat e-mail tertentu,
pengubahan password dan sebagainya.
·
· Bulk
Mail
Merupakan fasilitas tambahan
yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan menyimpan scara
otomatis penerimaan e-mail baru yang dianggap tidak penting atau mengganggu
seperti e-mail promosi atau sejenisnya.
·
· Signature
Merupakan fasilitas pemberian
tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu disertakan pada bagian
akhir setiap e-mail baru yang dikirim (dapat dibuat melalui fasilitas option).
8.
H. Cara login Email (Tutorial)
7.isi format di
google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar